Cek Tarif

Tarif Yang Harus Dibayar
Cek Tarif Trawlpack | Trawlbens Indonesia
Rp. 9.000/kg
estimasi barang sampai dalam 9-11 hari sejak kapal berangkat
* Tidak termasuk packing, asuransi dan PPN.

Tarif Pengiriman dari Makassar ke Semua Kecamatan di Kota Tegal

Kota Asal
Kecamatan Tujuan
Kota Tujuan
Ongkos Kirim
Estimasi
Min Kirim
Aksi
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Margadana
Kota Tujuan
Kota Tegal
Ongkos Kirim
Rp. 9.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 9-11 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tegal Barat
Kota Tujuan
Kota Tegal
Ongkos Kirim
Rp. 9.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 9-11 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tegal Selatan
Kota Tujuan
Kota Tegal
Ongkos Kirim
Rp. 9.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 9-11 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tegal Timur
Kota Tujuan
Kota Tegal
Ongkos Kirim
Rp. 9.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 9-11 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg

Trawlbens Terdekat Makassar

Trawlbens ada disekitar anda untuk membantu pengiriman barang anda

Kenapa Harus Pakai Trawlpack?

Bisa Kirim 10 Kg Dengan Harga Kargo

Minimum pengiriman hanya 10 kg dengan jaminan harga termurah

Lebih Murah Dengan Tarif Kubikasi

Pengiriman barang dengan jumlah besar akan menurunkan biaya pengiriman hingga 50%

Atur Pengiriman Dalam Satu Aplikasi

Proses order, lacak pengiriman, dan sistem pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi Pengiriman Trawlbens

Layanan Door to Door Atau Pickup

Trawlbens melayani jemput antar barang langsung ke rumah tanpa minimum pengiriman

Customer Service 24 Jam

Customer service selalu siap selama 24 jam non-stop untuk mmebantu anda dalam mengatasi semua kendala dalam pengiriman Trawlbens

Jangkauan Pengiriman Terluas Ke Wilayah Indonesia

Mitra Trawlbens yang tersebar di kota besar di Indonesia dapat menjangkau pengiriman hingga tingkat kecamatan dan kelurahan

Yuk Berlangganan Sekarang!

Kirim barang dengan sistem pelayanan dan pengiriman lebih nyaman, pembayarannya pun fleksibel dengan cara pay later atau TOP (Term of Payment).

Testimoni Customer Trawlbens

Terpercaya Oleh Brand

Dialek Bahasa Jawa Khas Orang Tegal

Indonesia kaya akan keragaman dan budaya mulai dari agama, suku, warna kulit, ras, hingga bahasa. Bahasa Indonesia adalah banyak ibu, namun ada bahasa kedua yang juga banyak diterapkan di setiap daerah yaitu bahasa daerah itu sendiri. Salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan di Indonesia adalah bahasa Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Namun, ternyata ada irisan lain dari bahasa Jawa tersebut yang biasanya dibedakan dari dialeknya, salah satunya yaitu dialek Tegalan atau basa Tegalan dari Tegal.

Dialek Tegalan terjadi karena secara geografis Kota Tegal berada di perbatasan bagian bagian utara pesisir jawa yakni perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, sehingga muncullah dialek baru (tegalan) yang berbeda dari bahasa Jawa yang murninya. Dialek Tegalan memiliki ciri khas dari intonasi dan pengucapan frasanya yaitu apa yang terucap sama dengan apa yang tertulis. Sehingga dapat dikatakan bahwa basa Tegalan itu cukup konsisten.

Sebagai contohnya kata ‘padha’ tetap dibaca ‘pada’, berbeda dengan bahasa jawa yang umumnya dibaca ‘pådhå’, kata ‘sega’ tetap dibaca ‘sega’, namun dalam bahasa jawa standar dibaca sĕgå. Selain tegal, wilayah jawa yang memiliki dialek unik lain yaitu Banyumas. Namun Banyumas dialeknya lebih ngapak, berbeda dengan Tegal yang biasanya saja. 

Industri Rumah Tangga di Tegal

Perekonomian Tegal banyak berasal dari sektor industri rumah tangga diantaranya pengerjaan logam, tekstil, pabrik, pengecoran, Furniture, Shuttlecock, dan gerabah. Memiliki banyak industri rumah tangga, menjadikan Tegal disebut sebagai “Jepangnya Indonesia” di masyarakat pada masa lalu. 

Industri logam di kabupaten tegal sudah dibangun sejak 1940 untuk memenuhi peralatan perang tentara jepang kala itu. Dari pengalaman tersebut, ternyata membuat masyarakat Tegal memiliki keterampilan dalam pengolahan logam, salah satunya digunakan di bengkel-bengkel. Saat ini industri logam di Tegal terbagi menjadi tiga yakni industri pengerjaan logam, industri pengecoran logam, dan industri galangan kapal serta dok. 

Selain itu aja juga industri tekstil untuk kain tenun dan bordir. Tegal sudah dikenal dengan penghasil kerajinan kain tenun yang sudah menembus pasar internasional. Kerajinan kain tenun yang banyak diproduksi di Tegal adalah Sarung Byur. Kerajinan bordir juga berkembang di Tegal, para pelaku industri bordir ini bisa memproduksi kerudung bordir 1.500 kodi dan busana muslim 50.000 stel per tahunnya. 

Kemudian, ada juga industri shuttlecock yang sudah menembus pasar mancanegara. Berawal dari usaha rumahan, bisnis ini digeluti serius oleh masyarakat Tegal hingga kini sudah menjadi perusahaan yang terkenal seperti PT Gajahmada, PT Sinar Mutiara, PT  Mido, dan PT Garuda Budiono Putra.  Banyaknya industri rumah tangga di Tegal, merupakan salah satu faktor pendukung dari pertumbuhan ekonomi di Tegal. 

Mengenal Ruwat Bumi Guci

Ruwat Bumi Guci adalah kebudayaan khas Tegal yang dilakukan setiap setahun sekali setiap bulan Muharram. Tradisi tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas kemakmuran dan meminta keselamatan dari bahaya dalam kehidupan. Acara dilaksanakan oleh masyarakat Desa Rembul dan Desa Pekandangan di lokasi Objek Wisata Guci.

Ruwat Bumi Guci dimulai dengan arak-arakan sesajian yang berisi beraneka hasil panen dan dilanjutkan dengan memandikan Kambing Kendit. Selanjutnya, menaburkan kembang setaman di lokasi pemandian sebagai simbol kasih sayang terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Setelah memandikan kambing dilanjutkan dengan pembacaan riwayat Gusi menggunakan bahasa Tegalan. Terakhir acara, semua orang yang hadir pada upacara berebut untuk mendapatkan sesajian tadi, kemudian berdoa bersama, dan ada hiburan yang diisi dengan  tarian khas Tegal. 

Menurut dalang nasional Ki Enthus Susmono, Ruwat Bumi Guci tidak termasuk syirik, melainkan upaya untuk merawat bumi. Masyarakat Guci meyakini jika terjadi hujan deras saat prosesi adat acara Ruwat Bumi Guci berlangsung, hal tersebut dinilai sebagai bentuk keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Kabupaten Tegal khususnya warga Guci.

Menikmati Rujak Teplak

Rujak adalah makanan pedas yang tidak sedikit yang menggemarinya, terlebih untuk pecinta pedas. Setiap daerah memiliki definisi “Rujak” secara beragam, keberagaman ini lebih kepada isian dari rujak tersebut, ada yang isinya buah-buahan, sayur-sayuran, bahkan ada juga olahan yang direbus. Termasuk Tegal juga memiliki rujak yang unik yaitu Rujak Teplak.

Rujak Teplak berbahan dari sayur-sayuran yang sudah direbus, tentunya dengan saus pedasnya ya. Isian sayurnya terdiri dari kangkung, daun pepaya, daun singkong, selada, lembayung, dan kol yang direbus hingga matang. Bumbu atau saus nya dibuat dari dari singkong yang telah direbus dan dihaluskan atau ditumbuk. Kemudian dicampur dengan gula merah, cabe merah, garam, terasi, asam jawa, dan diberi sedikit air.

Rujak ini biasanya dijual di pagi, siang, hingga menjelang sore. Porsi rujak Teplak tidak terlalu banyak, sehingga biasanya hanya dimakan sebagai pengganjal saja. Harga rujak Teplak juga sangat murah yaitu Rp 2.500 saja untuk setiap bungkusnya. Semakin lengkap jika Anda menikmati rujak ini dengan kerupuk Mie Khas Tegal.

Terimakasih Telah Berkunjung Di Website Trawlbens
Kepuasan Anda merupakan Prioritas Trawlbens dan jangan lupa Cek Ongkir dan Cek Tarif pengiriman Kargo ke Seluruh wilayah indonesia dijamin ongkir Termurah dan Terpercaya.
400 Vote