Cek Tarif

Tarif Yang Harus Dibayar
Cek Tarif Trawlpack | Trawlbens Indonesia
Rp. 18.000/kg
estimasi barang sampai dalam 13-15 hari sejak kapal berangkat
* Tidak termasuk packing, asuransi dan PPN.

Tarif Pengiriman dari Makassar ke Semua Kecamatan di Kota Tarakan

Kota Asal
Kecamatan Tujuan
Kota Tujuan
Ongkos Kirim
Estimasi
Min Kirim
Aksi
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tarakan Barat
Kota Tujuan
Kota Tarakan
Ongkos Kirim
Rp. 18.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 13-15 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tarakan Tengah
Kota Tujuan
Kota Tarakan
Ongkos Kirim
Rp. 18.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 13-15 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tarakan Timur
Kota Tujuan
Kota Tarakan
Ongkos Kirim
Rp. 18.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 13-15 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg
Kota Asal
Makassar
Kecamatan Tujuan
Tarakan Utara
Kota Tujuan
Kota Tarakan
Ongkos Kirim
Rp. 18.000/Kg
Estimasi
Cek Estimasiestimasi barang sampai dalam 13-15 hari sejak kapal berangkat
Min Kirim
10 kg

Trawlbens Terdekat Makassar

Trawlbens ada disekitar anda untuk membantu pengiriman barang anda

Kenapa Harus Pakai Trawlpack?

Bisa Kirim 10 Kg Dengan Harga Kargo

Minimum pengiriman hanya 10 kg dengan jaminan harga termurah

Lebih Murah Dengan Tarif Kubikasi

Pengiriman barang dengan jumlah besar akan menurunkan biaya pengiriman hingga 50%

Atur Pengiriman Dalam Satu Aplikasi

Proses order, lacak pengiriman, dan sistem pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi Pengiriman Trawlbens

Layanan Door to Door Atau Pickup

Trawlbens melayani jemput antar barang langsung ke rumah tanpa minimum pengiriman

Customer Service 24 Jam

Customer service selalu siap selama 24 jam non-stop untuk mmebantu anda dalam mengatasi semua kendala dalam pengiriman Trawlbens

Jangkauan Pengiriman Terluas Ke Wilayah Indonesia

Mitra Trawlbens yang tersebar di kota besar di Indonesia dapat menjangkau pengiriman hingga tingkat kecamatan dan kelurahan

Yuk Berlangganan Sekarang!

Kirim barang dengan sistem pelayanan dan pengiriman lebih nyaman, pembayarannya pun fleksibel dengan cara pay later atau TOP (Term of Payment).

Testimoni Customer Trawlbens

Terpercaya Oleh Brand

Pesta Rakyat Iraw Tengkayu

Salah satu objek wisata di Kota Tarakan yaitu Pesta Rakyat Iraw Tengkayu yang biasanya dilaksanakan setiap 2 tahun sekali tepat di hari jadi Kota Tarakan. Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional yang dijadikan sebagai warisan adat suku asli Tidung sebagai rasa syukur atas rezeki dari Tuhan. Upacara ritual ini dilakukan dengan menghanyutkan sesaji ke laut Pantai Amal, Kota Tarakan.

Iraw Tengkayu berasal dari Bahasa Tidung yakni Iraw yang artinya perayaan atau pesta, sedangkan Tengkayu artinya pulau kecil yang dikelilingi oleh laut, yang dimaksud dengan pulau kecil yakni  Pulau Tarakan itu sendiri. Puncak dari Festival Iraw Tengkayu adalah arak-arakan perahu Padaw Tuju Dulung, yaitu perahu hias yang diarak keliling kota. Perayaan Festival Iraw Tengkayu dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan bertepatan dengan hari jadi kota Tarakan.

Pesta Rakyat Iraw Tengkayu terdiri dari rangkaian acara, diantaranya expo, pameran, bazar, pentas seni dan budaya, lomba indie band, dan sebagainya. Pesta rakyat ini akan diselenggarakan hingga malam puncaknya tepat pada pergantian tahun baru. Kemeriahannya terasa lengkap dengan adanya bintang tamu dari ibu kota yaitu para artis yang akan memeriahkan acara pesta rakyat.

Ebi Andalan Produksi Hasil Ikan Khas Tarakan 

Kota Tarakan kaya akan sektor perikanannya, sehingga ada banyak produksi dari hasil tangkapan ikannya, salah satunya adalah Ebi. Ebi adalah udang kecil-kecil yang dikeringkan. Ebi Tarakan bahkan sudah ada di pasar-pasar di kota-kota besar seperti di Jakarta dan Surabaya. Bahkan sebelum terjadi Covid-19 Ebi di ekspor ke luar negeri, salah satunya adalah Malaysia.

Sama dengan udang yang dikeringkan lainnya, proses Ebi di Tarakan juga cukup sederhana. Cara membuat Ebi, Anda bisa terlebih dahulu membersihkan udang kecil-kecil tersebut lalu merebusnya selama lebih kurang 30 menit. Setelah di rebus kemudian udang dijemur hingga mengering dengan sempurna. Makanya ada yang menyebut bahwa Ebi ini adalah udang yang diawetkan.

Termasuk makanan yang diawetkan, maka Ebi ini memang bisa bertahan lama. Penggunaan Ebi juga bisa dilakukan untuk berbagai macam makanannya. Bisa diolah langsung menjadi laut makan atau bisa juga menjadi bumbu-bumbu pelengkap masakan yang di taburkan. Anda bisa menemukan Ebi di pasar-pasar tradisional maupun modern, karena Tarakan penghasil ikan maka Ebi di Tarakan tentu memiliki citra rasa yang unik. 

Batik Tarakan yang Unik

Kota Tarakan juga memiliki Batik yang khas dan unik untuk bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Sebetulnya secara umum batik sudah menjadi khas Indonesia, sehingga hampir di setiap wilayah Indonesia memiliki batik. Namun, yang menjadi pembedanya adalah motif yang ada pada batik tersebut. Motif Batik Tarakan berasal dari kekayaan flora dan fauna yang ada di tarakan.

Batik khas Tarakan selain mengangkat tema kekayaan alam, juga menggunakan warna-warna alami bukan sintetis. Tentu sebagai wujud menjaga kelestarian alam Indonesia. Motif Batik Tarakan yang khas itu diambil dari Tumbuhan Pakis. Motif tersebut dibuat oleh pengrajin batik bernama Adi Setyo Purwanto yang sudah menekuni batik Tarakan sejak tahun 2011.

Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan Batik Pakis ini di galeri batik Pakis Asia yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa, Tarakan Timur. Batik disana menyediakan dua jenis batik yaitu batik cap dan batik tulis yang harga yang beragam mulai dari Rp 300 ribuan hingga Rp 1,5 juta. Eksistensi Batik Pakis tidak hanya dikenal di masyarakat Tarakan saja namun sudah melakukan pengiriman ke luar negeri.

Mengenal Tata Krama Suku Tidung di Tarakan

Suku Tidung merupakan termasuk suku mula-mula yang mendiami Kota Tarakan. Dalam sejarahnya suku Tidung juga merupakan Kerajaan Tidung yang pernah memimpin pemerintahan di Kalimantan Utara. Sehingga hingga saat ini ada banyak orang yang bersuku Tidung yang tinggal di Tarakan. Suku Tidung di Tarakan kebanyakan beragama Islam dan masih menerapkan tata krama dari suku Tidung itu sendiri.

Tata krama dari suku Tidung yaitu berlaku baik di dalam kehidupan keluarga inti, keluarga luas dan di dalam masyarakat. Dalam penelitian Neni Puji Nur Rahmawati (2017) menjelaskan bahwa tata krama tersebut mengatur sendi-sendi kehidupan masyarakat, diantaranya tata krama dalam bersalaman, tata krama dalam hal makan dan minum, tata krama berpakaian dan tata krama dalam hal pelaksanaan upacara perkawinan. 

Meskipun demikian, dalam perkembangannya telah mengalami perubahan masyarakat dalam bertata krama. Ada sebagian tata krama yang sudah ditinggalkan, bahkan anak muda sekarang sudah banyak yang meninggalkan tata krama yang sudah ditetapkan oleh masyarakat secara turun-temurun. 

Terimakasih Telah Berkunjung Di Website Trawlbens
Kepuasan Anda merupakan Prioritas Trawlbens dan jangan lupa Cek Ongkir dan Cek Tarif pengiriman Kargo ke Seluruh wilayah indonesia dijamin ongkir Termurah dan Terpercaya.
400 Vote