Home » Seputar Logistik » Mengenal Beberapa Tipe Gudang Beserta Fungsinya

Mengenal Beberapa Tipe Gudang Beserta Fungsinya

tipe gudang

 

Di dalam dunia logistik, dari berbagai tipe gudang yang ada,  gudang merupakan salah satu komponen sangat dibutuhkan pelaku bisnis.

Tidak hanya di dunia logistik, pelaku bisnis tentunya memanfaatkan gudang sebagai tempat penyimpanan barang dan distribusi barang berskala besar.

Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa gudang memiliki beberapa tipe serta dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, salah satu kunci kesuksesan pelaku bisnis logistik dapat dilihat dari pemahaman kuat dalam mempertimbangkan kegunaan gudang berdasarkan fungsinya.

Sebagai pelaku bisnis logistik cermat, memahami tipe-tipe gudang adalah hal yang harus dipahami sebelum Anda menyewa gudang untuk kebutuhan dalam bisnis ini.

Di dalam artikel ini kami akan mengulas tipe-tipe gudang berdasarkan keperluan dibutuhkan oleh bisnis logistik nantinya akan Anda jalankan.

Simak artikel ini hingga tuntas seputar tipe gudang berdasarkan fungsi demi bekal Anda sebelum menyewa atau membuat gudang untuk bisnis logistik Anda.

Pahami 6 Tipe Gudang Beserta Fungsinya Untuk Kebutuhan Bisnis Logistik Anda

Pahami 6 Tipe Gudang Beserta Fungsinya Untuk Kebutuhan Bisnis Logistik Anda

Baca Juga: Gudang Sortir: Definisi, Sistem Kerja, Fungsinya

Untuk mendukung aktivitas logsitik, keberadaan sebuah gudang menjadi sangat vital. Gudang sendiri memiliki banyak tipe serta jenis sesuai dengan kebutuhan barang nantinya disimpan. berikut kami berikan beberapa tipe tipe gudang sering digunakan oleh jasa logistik.

1. Gudang Penyimpanan Bahan Baku

Tipe gudang ini merupakan fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan bahan baku sebelum masuk pada proses produksi

Bahan baku tersebut dapat berupa jenis barang atau material akan digunakan dalam membuat produk direncanakan.

Dengan adanya gudang tersebut, Anda dapat menjaga dan mengorganisir kebutuhan bahan baku dalam proses produksi dengan efisien dan terstruktur.

Harga sewa gudang penyimpanan bahan baku relatif lebih murah dibanding tipe lainnya karena tidak membutuhkan fasilitas banyak.

2. Gudang Penyimpanan Barang

Tipe gudang ini merupakan fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk menjaga dan menyimpan barang atau inventaris yang telah diproduksi sebelum didistribusikan.

Dengan adanya gudang ini, Anda dapat memastikan barang produksi yang akan didistribusikan ke tujuan akhir dapat terjaga integritas dan kualitas produknya.

3. Gudang Penyimpanan Hasil Produksi

Pada umumnya, tipe gudang ini digunakan pelaku bisnis untuk menyimpan pasokan hasil produksi sementara sebelum didistribusikan.

Penggunaan gudang ini sangat penting jika sewaktu terjadi peningkatan permintaan barang konsumsi membludak.

Bagi Anda yang mengkhawatirkan kapasitas gudang penyimpanan barang tidak memadai akibat lonjakan permintaan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa tipe gudang ini sebagai alternatif  dapat menampung hasil produksi sementara.

4. Gudang cross docking

Sering disebut dengan tipe gudang transit, gudang ini pada umumnya memiliki ukuran lebih besar dibanding jenis lainnya, mengingat gudang ini memakan banyak ruang untuk menjalankan fungsinya.

Biasanya pelaku bisnis logistik memanfaatkan fungsi gudang ini untuk penyortiran barang, penggabungan barang, redistribusi barang, dan fungsi lainnya.

Anda dapat memanfaatkan gudang ini sebagai salah satu komponen untuk mengoptimalkan efisiensi distribusi barang ke konsumen dengan cepat dan efisien.

5. Gudang E-commerce

Gudang ini pada umumnya digunakan pelaku bisnis untuk mengelola dan memproses produk yang dijual di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan marketplace lainnya dengan cepat.

Selain mengelola dan memproses produk, fungsi dari tipe gudang ini dapat pengaturan retur dan pengembalian produk ke konsumen serta pelacakan aktivitas produk dan inventaris selama proses distribusi.

6. Gudang Pendingin

Gudang ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan barang yang sensitif terhadap suhu, seperti makanan segar, obat-obatan, dan produk yang memerlukan suhu terkendali.

Biasanya tipe gudang ini dilengkapi dengan fasilitas pendinginan dan pengatur suhu untuk mengontrol suhu terhadap produk agar tetap segar dan terjaga kualitasnya sebelum sampai ke tangan konsumen.

Penutup

Itulah 6 tipe gudang yang perlu Anda ketahui sebelum mempertimbangkan untuk menyewa atau membuat gudang sesuai dengan kebutuhan dalam bisnis logistik Anda.

Dengan memahami tipe gudang berdasarkan jenisnya, Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda dalam mencapai efisiensi, kualitas, dan keamanan produk optimal selama proses operasional berlangsung.

Yuk, share artikel ini kepada sanak keluarga dan rekan bisnis Anda sebagai informasi yang berguna dan bermanfaat! Semoga artikel ini dapat menjadi pedoman Anda dalam menentukan kebutuhan tipe gedung sesuai dengan kebutuhan bisnis logistik yang Anda jalankan. 

Jika Tertarik untuk menggunakan jasa ekspedisi pengiriman cargo dengan tarif lebih hemat, silahkan untuk langsung Download Aplikasi Pengiriman Barang sekarang juga! TrawLbens menyediakan layanan TrawLpack sebagai jasa pengiriman barang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk TrawLbens

Cek Tarif TrawLbens!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di TrawLbens. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel