Home » Seputar Logistik » Jenis Truk Trailer yang Sering Digunakan untuk Mengirimkan Barang

Jenis Truk Trailer yang Sering Digunakan untuk Mengirimkan Barang

jenis truk trailer

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang jenis truk trailer dalam dunia logistik yang begitu beragam? Keberhasilan pengiriman barang sering kali bergantung pada pemilihan jenis truk yang tepat, yang disesuaikan dengan jenis barang kiriman, jarak tempuh, serta rutenya.

Selain kapal atau pesawat, truk juga menjadi salah satu transportasi andalan dari industri logistik, tentu bagi Anda yang mau mengirimkan barang dengan skala kargo, maka pengetahuan tentang beragam jenis truk menjadi hal penting. Apalagi jika Anda terlibat dalam bisnis pengiriman. Setiap jenis truk memiliki karakteristik beserta kemampuannya masing-masing, yang memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan muatan beragam. 

Dalam artikel ini, kita akan mengupas lebih dalam beberapa jenis truk logistik yang sering digunakan. Mulai dari truk pengangkut muatan berat yang mampu mengangkut beban besar hingga truk pendingin yang menjaga suhu stabil untuk barang-barang yang memerlukan perawatan khusus seperti makanan. 

Yuk kita kulik jenis-jenis truk trailer yang sering digunakan untuk pengiriman barang, agar Anda tidak salah dalam memilih armada sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Mengenal Beberapa Tipe Gudang Beserta Fungsinya

7 Jenis Truk Trailer Untuk Pengiriman Barang

Biar lebih gak penasaran lagi mengenai jenis-jenis truk trailer, berikut beberapa jenis truk trailer untuk pengiriman barang yang wajib Anda ketahui:

1. Trailer Flatbed

trailer flatbed

trailer flatbed

Salah satu jenis truk trailer pertama yang kami paparkan ialah trailer flatbed, truk trailer ini biasanya digunakan untuk mendistribusikan barang dalam jumlah besar, termasuk general cargo atau break bulk. Acap kali jenis trailer ini selalu menjadi pilihan Perusahaan ekspedisi yang terlibat dalam ekspor-impor serta layanan pengiriman pintu ke pintu.

Trailer ini hadir dalam dua ukuran berbeda, baik 20 kaki (6m x 2,4m x 1,5m) dengan 2 gandar dan kapasitas hingga 20 ton, maupun 40 kaki (12m x 2,4m x 1,5m) dengan 2 atau 3 gandar, dengan kapasitas hingga 25 atau 30 ton.

2. Trailer Lowbed

trailer lowbed

trailer lowbed

Jenis truk trailer berikutnya adalah trailer lowbed, truk ini ideal banget bagi Anda yang harus mengangkut barang cargo besar dan berat, serta barang dengan dimensi melampaui standar kargo biasa.

Truk ini membantu memastikan keamanan pengiriman barang. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang terlibat dalam manufaktur, pengeboran, minyak serta gas, atau produk lain yang termasuk dalam kategori special cargo.

Truk ini dirancang dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan, mulai dari panjang 6 hingga 12 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 1 meter, dengan gandar berjumlah 2 hingga 4 dan kapasitas antara 20 hingga 70 ton.

3. Trailer Dolly

trailer dolly

trailer dolly

Trailer Dolly ditujukan untuk mengirimkan alat berat seperti crane, excavator, dan bulldozer, serta cargo dengan ukuran melebihi standar. Jenis truk trailer ini biasanya digunakan oleh kontraktor, perusahaan manufaktur, atau perusahaan ekspor-impor.

Ukuran jenis trailer ini terbatas pada panjang 6 hingga 8 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 70 sentimeter, dengan 4 gandar bertumpu di bagian belakang dan kapasitas hingga 50 ton.

Baca juga: 6 Jenis Truk Tronton Terbaik Untuk Pengiriman Barang

4. Trailer Sliding Bed

trailer sliding bed

trailer sliding bed

Trailer sliding bed dirancang khusus untuk pengiriman cargo yang memiliki panjang di luar ketentuan. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan pengiriman barang. Perusahaan yang bergerak dalam kontraktor sering kali menggunakan jenis truk ini untuk memastikan barang dikirim sesuai dengan standar keamanan.

Ukuran trailer hampir mirip dengan trailer flatbed, dengan panjang 18 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 1,5 meter, serta 3 gandar dan kapasitas hingga 45 ton.

5. Trailer Logging

trailer logging

trailer logging

Jenis truk kelima adalah traile logging. Trailer logging merupakan jenis truk trailer dan digunakan untuk mengangkut special cargo dengan panjang tidak sesuai standar dan dapat disesuaikan dengan panjang barang kiriman. Biasanya digunakan oleh kontraktor, perusahaan dengan wilayah kerja terbatas pada proyek tertentu, atau perusahaan yang terlibat dalam ekspor-impor.

Ukuran truk ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dengan lebar 2,5 meter, tinggi 1,5 meter, dan kapasitas hingga 50 ton.

6. Trailer Goldhofer

trailer goldhofer

trailer goldhofer

Jenis truk trailer ini digunakan untuk mengirimkan barang special cargo, big case cargo, atau jenis kargo dengan berat dan dimensi di luar standar. Sama seperti trailer dolly dan trailer lowbed, namun lebih unggul dalam kapasitas yang memadai untuk special cargo.

Truk trailer satu ini banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan dengan beragam kebutuhan. Ukuran Goldhofer mencakup panjang 12 meter, lebar 3 meter, tinggi 70 sentimeter, dengan 4 gandar dan kapasitas hingga 90 ton.

7. Trailer Multi Axle (Cometto)

trailer multi axle

trailer multi axle

Jenis truk trailer terakhir ialah truk multi-axle yang mampu menangani berbagai jenis barang dengan ukuran di luar ketentuan umum. Biasanya truk ini sering sekali untuk digunakan karena mengingat truk ini memiliki ukuran tidak terbatas. Jadi bisa disesuaikan pada panjang, lebar, tinggi, serta daya tonase sesuai kebutuhan. Jumlah gandar atau axlenya juga dapat disesuaikan sesuai keinginan.

Baca juga: Fungsi dan Jenis Pallet Dalam Jasa Cargo

Penting untuk diketahui, bahwa jenis truk trailer tentu sangat berbeda dengan jenis truk tronton ya. Memang ketika mendengarkan kalimat “truk muatan besar” pasti truk tronton kerap menjadi kendaraan  paling pertama dalam benak Anda. 

Namun, meskipun sama-sama bermuatan besar, ternyata truk trailer memiliki kapasitas muatan lebih besar, yakni 20-40. Selain itu, truk trailer memiliki jumlah roda lebih banyak, yaitu 16-24 roda. Berbeda dengan truk tronton yang hanya berjumlah 10 roda.

Jadi jika Anda mempunyai kebutuhan untuk mengirimkan barang dengan ukuran dan berat melewati ketentuan umum, Anda bisa sewa truk trailer melalui jasa sewa truk TrawLbens. 

Takut bingung dan ribet? Eits tenang, karena TrawLbens sekarang sudah memiliki aplikasi canggih. Bisa langsung download secara gratis melalui aplikasi pengiriman barang TrawLbens di Google Playstore dan Appstore. 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk TrawLbens

Cek Tarif TrawLbens!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di TrawLbens. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel