Home » Seputar Logistik » 5 Cara Packing Kayu yang Aman Untuk Kirim Barang

5 Cara Packing Kayu yang Aman Untuk Kirim Barang

cara packing kayu

Untuk memastikan barang yang dikirim melalui jasa pengiriman tetap aman ketika sampai tujuan. Mengemas barang menggunakan berbagai jenis packing jadi solusi terbaik untuk melindungi barang dari benturan selama pengiriman. Ada banyak jenis packing yang bisa digunakan seperti packing bubble wrap, packing karung, sampai dengan packing kayu. Anda agaknya perlu mengetahui bagaimana cara packing kayu yang aman.

Packing kayu banyak dipilih untuk pengemasan barang karena dinilai lebih aman dan juga lebih tahan benturan saat pengiriman. Apalagi untuk barang-barang yang mudah rusak dan pecah seperti barang elektronik, keramik, hingga perlengkapan makan, menggunakan jenis packing kayu saat pengiriman adalah sebuah keharusan.

Jika Anda berencana untuk kirim barang melalui jasa pengiriman dan berniat mengemas barang menggunakan packing kayu. Berikut ini kami jelaskan cara packing kayu untuk pengiriman barang yang aman hingga kelebihan menggunakan kayu untuk mengemas barang. Untuk itu, yuk baca terus pembahasan dibawah ini.

Baca juga: 8 Cara Packing Paket yang Aman Untuk Kirim ke Luar Kota 

Cara Packing Kayu yang Aman untuk Pengiriman Barang

Ketika Anda kirim barang melalui jasa pengiriman, ada banyak pilihan jenis packing yang bisa digunakan salah satunya packing kayu. Namun, bila Anda ingin mengemas barang sendiri dengan menggunakan packing kayu, berikut ini kami berikan cara packing kayu yang aman untuk pengemasan barang, antara lain: 

1. Pilih Jenis Kayu yang Kuat

Cara packing kayu pertama, silahkan pilih jenis kayu untuk mengemas barang. Pilihlah kayu yang kuat dan juga tidak mudah lapuk. Tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk mengemas barang. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk packing seperti kayu mahoni, kayu randu, dan multiplek. Kayu jenis ini terbukti kuat dan kokoh untuk melindungi barang selama pengiriman. 

2. Hitung Ukuran Barang yang Akan Dikirim

Setelah menentukan jenis kayu untuk mengemas barang. Cara packing kayu kedua, Anda perlu menghitung ukuran barang seperti panjang, lebar, dan volumenya. Dengan mengetahui ukuran barang, maka banyaknya kayu yang digunakan untuk packing barang akan sesuai.

Baca juga: 8 Alat untuk Packing Barang yang Wajib Dimiliki 

3. Packing Menggunakan Bubble Wrap

Sebelum mengemas barang menggunakan packing kayu, cara packing kayu ketiga, Anda perlu melapisi barang terlebih dahulu dengan menggunakan bubble wrap. Tujuan pengemasan barang menggunakan bubble wrap sebelum packing kayu adalah supaya tidak memberikan ruang yang memungkinkan barang geser maupun terbentur. 

4. Buat Packing Kayu sesuai Ukuran 

Setelah barang dilapisi dengan menggunakan bubble wrap, cara packing kayu selanjutnya buatlah packing kayu sesuai dengan ukuran barang. Tambahkan ukuran packing kayu sekitar 1-3 cm untuk ruang sambungan antara papan kayu. Jika packing sudah selesai, lakukan pengecekan ulang serta pastikan packing kokoh dan tidak ada paku yang terlepas.

5. Lengkapi dengan Stiker Fragile

Cara packing kayu yang terakhir untuk memastikan barang aman adalah dengan menambahkannya dengan stiker fragile. Stiker ini bisa memberikan informasi kepada pihak penyedia jasa bahwa barang didalamnya termasuk barang yang mudah rusak, sehingga petugas lebih berhati-hati dalam menangani barang customer.

Baca juga: Cara Membuka Packing Kayu Dengan Aman dan Mudah

Kelebihan Menggunakan Packing Kayu

Tiap jenis packing yang digunakan untuk pengemasan barang mempunyai kelebihan masing-masing, begitu juga packing kayu. Berikut ini adalah kelebihan dari pengemasan barang menggunakan packing kayu, seperti : 

1. Barang Lebih Aman

Barang yang dikemas dengan menggunakan packing kayu jauh lebih aman jika dibandingkan menggunakan jenis packing lainnya seperti kardus, karung ataupun plastik. Kemasan barang dengan packing kardus bisa berubah bentuk ketika ditumpuk maupun terhimpit. 

Berbeda jika menggunakan packing kayu, meskipun barang ditumpuk saat proses pengiriman, namun barang yang dipacking menggunakan kayu akan tetap rapi dan kokoh hingga sampai tangan penerima.

2. Ramah Lingkungan 

Kelebihan packing kayu selanjutnya adalah lebih ramah lingkungan. Kayu merupakan bahan alami yang mudah diurai dan didaur ulang. Berbeda jika menggunakan packing plastik yang sulit terurai.

3. Lebih Hemat Tempat

Ketika mengirimkan barang yang dikemas menggunakan packing kayu juga lebih hemat ruangan. Hal ini karena barang-barang bisa ditumpuk dan tetap aman. 

Berbeda jika menggunakan jenis packing lainnya, bisa saja barang malah rusak ataupun berubah bentuk jika ditumpuk terlalu banyak.

4. Tersedia Ukuran Beragam

Kelebihan selanjutnya dari menggunakan packing jenis kayu adalah ukuran packing yang beragam. Barang-barang dengan ukuran kecil, sedang, sampai besar bisa dikemas dengan aman menggunakan packing kayu. Barang-barang elektronik mulai dari smartphone, laptop, sampai dengan furniture berukuran bisa dikemas dengan menggunakan kayu.

Baca juga: 5 Cara Packing Sepatu Untuk Dikirim Agar Aman Sampai di Tujuan

Ada banyak barang-barang yang memerlukan penanganan khusus ketika dikirim menggunakan jasa pengiriman termasuk wajib menggunakan packing kayu. Barang-barang yang mudah pecah belah seperti gelas, piring, cermin, vas bunga, guci keramik, sampai hiasan dinding sangat beresiko rusak jika tidak dikemas menggunakan packing kayu. 

Apalagi jika pengiriman barang tersebut memerlukan waktu berhari-hari hingga sampai ke tangan penerima. Apabila Anda berencana untuk kirim barang ke luar kota dengan aman, percayakan pengirimannya bersama TrawLbens

Dengan adanya layanan TrawLpack, kami menyediakan jasa ekspedisi yang murah dan aman. Untuk memastikan keamanan barang, TrawLbens memberikan layanan pengemasan barang dengan pilihan jenis packing terlengkap salah satunya packing kayu.

Selain pilihan jenis packing terlengkap, berbagai keunggulan kami miliki untuk memudahkan pengiriman barang seperti door to door service, asuransi pengiriman, pelacakan barang, dan juga proses pemesanan mudah melalui aplikasi. Unduh aplikasi kirim barang TrawLbens dan lakukan pengiriman barang bersama kami sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk TrawLbens

Cek Tarif TrawLbens!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di TrawLbens. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel